Friday, September 10, 2010

Cara menggendong bayi baru lahir

Bayi yang baru saja lahir, perlu segera dirawat dengan dibersihkan dari sisa air ketuban yang menempel ditubuhnya. Kondisinya masih sangat lemah, sehingga untuk mengangkat atau menggendongnya perlu mendapat perhatian khusus. Perlu juga dikenali bagian yang lemah dan kuat, dan daerah-daerah yang dapat membuat bayi merasa nyaman.
Pengalaman pertama mengangkat dan menggendong bayi, bukan hanya membuat ayah/ibu gugup, tapi juga si bayi. Begitu dikatakan Einsenberg dkk. dalam bukunya yang dialihbahasa, Bayi pada Tahun Pertama: Apa yang Anda Hadapi Bulan per Bulan. Tips berikut akan membantu para ayah/ibu yang belum berpengalaman mengangkat dan menggendong bayi, agar bayi merasa aman dan nyaman.
MENGANGKAT BAYI
  • Sebelum menyentuh si kecil, ia harus mengetahui lebih dulu kehadiran anda. Bisa lewat suara atau kontak mata. Bila tidak, bayi akan terkejut dan gelisah.
  • Dengan lembut, selusupkan tangan-tangan Anda ke bawah tubuhnya. Satu tangan di bawah leher dan kepalanya, satu tangan di bawah bokong. Biarkan kedua tangan Anda berada di sana untuk beberapa saat sebelum Anda mengangkatnya.
  • Setelah itu, selusupkan tangan Anda ke bawah kepala dan punggung sehingga lengan Anda bertindak sebagai dukungan bagi punggung dan leher, sementara tangan yang lainnya memegangi bagian bokong.
  • Kemudian gunakan tangan yang memegang bagian bokong untuk menahan tungkai kaki. Bungkukkan badan, dekatkan tubuh Anda ke bayi, lalu perlahan-lahan angkat si bayi ke arah tubuh Anda sambil membujuknya.
  • Nah, sekarang si bayi sudah berada di gendongan Anda.
MELETAKKAN BAYI
  • Saat hendak meletakkannya kembali, pegangi bayi dekat dengan tubuh Anda, sementara Anda membungkuk ke arah tempat tidur atau boks bayi. Satu tangan di bokong bayi, tangan lain menyangga punggung, leher, dan kepala.
  • Biarkan kedua tangan Anda untuk beberapa saat, sampai bayi merasa aman dan nyaman, sebelum Anda menariknya keluar dan menyesuaikan posisi tidurnya.
  • Beri tepukan lembut atau sentuhan di punggungnya dan sedikit kata-kata untuk memberinya tanda bahwa Anda akan pergi. 
source:  kesehatan

    5 comments:

    Amanda "Creamy" Apriani said...

    kayaknya must need nih.. kan kalo mau gendong keponakan yg super lucu, gak blh asal gendong.. thanks yah,,

    http://creamyandicecream.blogspot.com

    ic4l said...

    kayaknya harus ada fotonya chi....

    biar lebih ngerti orang orang...

    tapi modelnya harus lu sendiri chi :)

    bayinya pinjem kek dari mana gitu :)

    ariyani sukma said...

    hai suci, thx for check my blog. yes ofcourse ive linked you to my blog :)
    nice to know you ci :)

    arin - strawberry and banana pancake

    Tara said...

    blogwalking....
    nice post !! that's a good information :)

    Dorothy Souhuwat said...

    i've added ur link on the list in my blog..check on it..
    link me as miss dorothy..tell me when u done..thx

    Followers

     

    Total Pageviews

    There was an error in this gadget