Sunday, July 4, 2010

Permen karet untuk membersihkan gigi

Agar gigi sehat rajinlah mengunyah permen karet. Tapi, bukan sembarang permen karet melainkan permen karet yang mengandung bakteri baik Lactobacillus anti-caries. Para ilmuwan telah mengembangkan permen sehat yang diyakini dapat mencegah kerusakan gigi. Begitu permen karet masuk ke mulut dan dikunyah, bakteri baik yang terkandung di dalamnya akan menyebar ke permukaan gigi dan gusi. Bakteri yang menguntungkan itu akan mencegah bakteri-bakteri jahat biang kerusakan gigi yang biasanya menempel di sela-sela gigi.

Bakteri L. anti-caries yang biasanya hidup di cairan yoghurt ini akan mencegah bakteri Streptococcus mutans mengubah gula menjadi asam berat yang bisa mengikis lapisan email gigi. Bakteri ini dapat mengurangi penyebaran bakteri jahat di dalam mulut dengan cara mengumpulkan bakteri-bakteri S. mutans menjadi satu dan mencegahnya menempel di permukaan gigi.

Permen karet berisi bakteri baik yang dikembangkan BASF telah diuji coba pada banyak orang dan terbukti menurunkan konsentrasi bakteri jahat di mulut. Dr. Andreas Reindl dari BASF mengatakan bahwa efektivitasnya sudah dibuktikan dan produk kesehatan mulut pertama yang mengandung bakteri Lactobacillus direncanakan dapat dijual mulai 2007.

Meskipun demikian, permen karet ini bukanlah pengganti sikat gigi dan pasta gigi. Langkah utama merawat kesehatan gigi pada dasarnya adalah memastikan bahwa kondisinya selalui bersih sehingga tidak ada tempat bagi plak. Mengunjungi dokter gigi juga disarankan minimal sekali dalam enam bulan.

“Produk baru ini tidak akan bisa menggantikan kebutuhan menyikat gigi karena hanya ditujukan untuk melawan satu jenis bakteri saja,” kata Dr. Gordon Watkins, anggota komite kesehatan dan Sains British Dental Association. Cara efektif menghindari kerusakan gigi tetap saja membersihkannya secara teratur, menghindari makanan bergula yang mudah lengket, dan menggunakan fluoride untuk menguatkan gigi.
Selain untuk menjaga kesehatan mulut, bakteri Lactobacillus juga berpotensi sebagai pencegah bau badan. Dengan bakteri tersebut, BASF tertarik untuk membuat pewangi untuk menghentikan aktivitas bakteri di sekitar ketiak secara biologis.

0 comments:

Followers

 

Total Pageviews

There was an error in this gadget